Pendahuluan
Beberapa langkah dalam prosen pembuatan suatu program atau software :
1. Mendefinisikan masalah dan menganalisanya
Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengidentifikasikan masalah antara lain tujuan dari pembuatan program, parameter-parameter yang digunakan, fasilitas apa saja yang akan disediakan oleh program.
Kemudian menentukan metode atau algoritma apa yang akan diterapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan terakhir menentukan bahasa program yang digunakan untuk pembuatan program.
2. Merealisasikan dengan langkah-langkah berikut :
Secara umum, struktur suatu program terdiri dari beberapa bagian yaitu :
1. Input
Bagian ini merupakan proses untuk memasukkan data ke komputer melalui device yang ada misalnya keyboard, mouse, scanner dll. Program melakukan proses membaca data yang akan diolah dari device tersebut.
2. Output
Bagian ini merupakan proses untuk menampilkan data yang telah diolah, melaporkan hasil pegolahan data melalui device seperti monitor, printer dll. Program melakukan proses mencetak data ke device tersebut.
3. Proses Pengolahan Data
Bagian ini merupakan proses mengolah data yang diinputkan dengan nenerapkan metode-metode, teknik-teknik, algoritma-algoritma yang ada. Proses ini menghasilkan data output yang akan dioutputkan kepada pengguna program.
4. Penyimpanan Data
Bagian ini merupakan proses menyimpan data dalam memori atau device penyimpanan data seperti disket, harddisk, CD dll.
Berikut ini adalah blok diagram struktur dari suatu program secara umum.
Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah atau problem.
Contoh : Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap.
Algoritmanya :
1. Bagi bilangan dengan bilangan 2
2. Hitung sisa hasil bagi pada langkah 1.
3. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.
Flowchart
Flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.
Berikut adalah beberapa simbol yang digunakan dalam menggambar suatu flowchart :
SIMBOL | NAMA | FUNGSI |
TERMINATOR | Permulaan/akhir program | |
GARIS ALIR (FLOW LINE) | Arah aliran program | |
PREPARATION | Proses inisialisasi/pemberian harga awal | |
PROSES | Proses perhitungan/proses pengolahan data | |
INPUT/OUTPUT DATA | Proses input/output data, parameter, informasi | |
PREDEFINED PROCESS (SUB PROGRAM) | Permulaan sub program/proses menjalankan sub program | |
DECISION | Perbandingan pernyataan, penyeleksian data yang memberikan pilihan untuk langkah selanjutnya | |
ON PAGE CONNECTOR | Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada satu halaman | |
OFF PAGE CONNECTOR | Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda |
Dari contoh algoritma di atas tentang menentukan apakah suatu bilangan adalah bilangan ganjil atau bilangan genap, flowchart dari program adalah sebagai berikut :
nah, sekarang coba selesaikan soal ini…
Soal Latihan
1. Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima atau bukan, kemudian buat flowchart untuk program tersebut !
2. Buat algoritma untuk mencetak N buah bilangan prima yang pertama, kemudian buat flowchart untuk program tersebut !
3. Buat algoritma untuk menentukan jenis akar dari suatu persamaan kuadrat, kemudian buat flowchart untuk program tersebut !
4. Buat algoritma untuk menghitung jumlah N suku dari deret aritmatika berikut :
Sn = 3 + 7 + 11 + …… + (4n-1)
5. Buat algoritma untuk menghitung nilai faktorial dari suatu bilangan, kemudian buat flowchart untuk program tersebut !
6. Buat flowchart untuk mencetak pasangan nilai X dan Y dimana hubungan antara X dan Y memenuhi persamaan Y = X3 – 2X +1 dan nilai x berubah dari –10 sampai 10 !
waduh pusiiing
BalasHapusitulah fisika,mumet
BalasHapustapi jangan salah kalau dari awal suka fisika pastilah serasa mudah
BalasHapusampun deh
BalasHapus