Kelebihan Dan Kekurangan Google dan Bing

KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA
GOOGLE
KELEBIHAN (+)
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
KEKURANGAN (-)
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
YAHOO
KELEBIHAN (+)
1. Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
2. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3. Fiturnyanya yang komplit.
4. Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
KEKURANGAN (-)
1. loadingnya membutuhkan waktu yang lama
MSN (Microsoft)
KELEBIHAN (+)
1. mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
KEKURANGAN (-)
1. pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
ALTAVISTA
KELEBIHAN (+)
1. keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
2. Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
KEKURANGAN (-)
1. Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
ALLTHEWEB
KELEBIHAN (+)
1. Kemudahan dalam mencari.
2. Tampilan yang sederhana seperti Google.
3. Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
4. Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
KEKURANGAN (-)
1. Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
2. Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
3. Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb melakukan update.
ASK.COM
Dulu namanya adalah Ask Jeeves (Jeeves adalah karikatur eksekutif pria yang lihai menjawab segala pertanyaan). Situs ini bisa menjadi alternative sebab masih bisa menemukan situs yang terkubur akibat spam di jejaring mesin pencari lainnya.
KELEBIHAN (+)
1. Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
LYCOS
KELEBIHAN (+)
1. Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian cepat.
3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4. Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
KEKURANGAN (-)
1. Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2. Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.





Kelebihan Dan Kekurangan Search Engine
Diposkan oleh Cell On 7:42:00 PM
Saat kita mencari data di web tak lepas dari jasa search engine. Kadang, daripada menghapal namasitus yang sangat banyak di dunia, orang lebih senang memakai jasa ini.

Masing-masing search engine mempunyai metode tersendiri untuk memperlihatkan hasil pencariannya. Google mempunyai apa yang disebut Google API. Begitu juga Yahoo. API tersebut biasanya memanfaatkan teknologi webservice untuk komunikasi datanya.

Tak dapat dipungkiri, search engine telah banyak membantu kita. Tapi ada juga masalah yang kadang terjadi akibat search engine. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan search engine:

* Kelebihan

* Search engine memudahkan pencarian data relevan. Jika kita mengetikkan kata kunci tertentu, search engine akan berusaha mencari data paling cocok sesuai dengan APInya masing-masing.
* Mendukung web-service. Fitur ini untuk pengembang software. Dengan mengetahui web-service suatu search engine, kita tidak perlu membuat search engine sendiri untuk membuat aplikasi yang support pencarian di web. Contohnya adalah browser firefox, Yahoo Messenger atau flock. Aplikasi-aplikasi tersebut support pencarian.
* Search engine mengindex suatu halaman secara berkala. Jadi, bila suatu website diupdate search engine akan mengetahuinya.
* Saat ini search engine juga support localized search. Yaitu pencarian berdasarkan lokasi pengunjung. Contohnya adalah google, jika anda mengetik google.com di indonesia, maka akan redirect ke google.co.id.
* Cepat diakses. Search engine biasanya didesain simpel agar cepat diakses. Hasil pencarian pun juga cepat muncul karena memakai caching.

* Kekurangan

* Kecepatan index dan kecepatan berkembangnya web yang tak sebanding. Saat ini berbagai website banyak bermunculan, jika kecepatan index search engine tidak ditingkatkan maka tak mungkin search engine bisa mengindex semuanya.
* Kadangkala search engine tidak menampilkan hasil yang diinginkan. Search engine selalu berusaha menampillkan hasil yang relevan. Tetapi kadang kala tetap memperlihatkan hasil yang tidak relevan.
* Munculnya orang-orang yang melakukan link-spamming. Yaitu melakukan spamming link untuk meningkatkan posisi mereka di search engine.
* Tidak bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai konten dinamis tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini dihalangi oleh form yang mengharuskan inputan





CARA MENGGUNAKAN GOOGLE

Sebagian besar dari kita atau bahkan semuanya sudah mengenal Google sebagai search engine yang sangat anadal dalam melakukan pencarian. Biasanya dalam melakukan sebuah pencarian kita hanya memasukkan text atau frasa dan kemudian diikuti klik tombol search. Memang dari cara tersebut kita bisa mendapatkan hasil yang akan kita cari tetapi apakah dari cara tersebut kita mendapatkan hasil yang benar-benar relevan dengan apa yang akan kita cari. Nah permasalahan disini adalah bagaimana caranya agar input yang kita cari benar-benar atau mendekati relevan.
Sebelumnya mari kita lihat bagaimana sebuah search engine melakukan retrieve terhadap informasi di dunia internet, terdapat beberapa metode yang digunakan diantaranya :
1. Exact Matching (Boolean)
2. Ranking by similarity to query (vector space model)
3. Ranking of matches by importance of documents (PageRank)
4. Combination Methods
Metode apakah yang digunakan oleh Google? ya yang digunakan adalah metode keempat. Google memang menyediakan teknik pencarian agar kita dalam melakukan pencarian mendapatkan hasil yang optimal dan relevan dengan apa yang akan dicari. Berikut ada beberapa caranya :
1. Untuk menemukan sebuah file kita dapat membatasi pencarian hanya kepada tipe file tersebut dengan mengetik text_pencarian filetype:ext contohnya kita ingin melakukan pencarian tutorial meningkatkan trafik blog dalam format pdf maka ketik tutorial meningkatkan trafik blog filetype:pdf. Pencarian dengan cara ini juga bisa dilakukan dengan filetype lain seperti xls, doc dan lain-lain.
2. Untuk mencari definisi dari sebuah istilah kita dapat menggunakan define:term. Contohnya adalah pada saat kita ingin mencari definisi dari search engine optimization maka dapat langsung mengetikkan define:search engine optimization.
3. Untuk yang berkecimpung di bisnis internet maka diperlukan informasi tentang nilai tukar rupiah terhadap dollar atau sebaliknya maka dapat menggunakan n mata_uang1 in n mata_uang2. Contohnya adalah ketika kita ingin mengetahui nilai 120$ dalam kurs rupiah maka ketik 120 USD in IDR, pencarian seperti ini bisa digunakan untuk mata uang mana saja.
4. Bagi yang hobi menonton film belum sreg rasanya jika belum membaca resensi film tersebut maka bisa digunakan movie:text_pencarian untuk menemukan resensi film yang lengkap. Contohnya jika kita ingin mencari resensi dari film Awake maka dapat mengetikkan movie:awake.
5. Untuk yang rada-rada males dalam melakukan perhitungan maka dapat menggunakan n1 operator n2. untuk dapat melihat list lengkap dari operator dapat dilihat disini Kita juga dapat melakukan perhitungan kompleks seperti menghitung 2log(4).
6. Untuk menemukan informasi secara lengkap daftar dari keseluruhan halaman web dari suatu situs maka dapat menggunakan site:situs.com/net/co.id/info/biz. Contohnya ketika ingin mengetahui keseluruhan halaman web dari situs ini maka dapat mengetikkan site:emfajar.net.
7. Untuk mengetahui atau memeriksa daftar dari situs-situs yang merujuk situs yang bersangkutan maka dapat menggunakan link:situs.com/net/co.id/info/biz. Contoh nya untuk mencari daftar situs mana saja yang link ke situs ini maka dapat mengetikkan link:emfajar.net.
8. Untuk mengetahui situs-situs yang menyajikan informasi buku yang dicari maka dapat menggunakan books tema buku. Contohnya jika kita ingin melakukan pencarian terhadap buku beginning joomla yaitu cara-cara membangun situs dengan CMS joomla maka dapat mengetikkan books beginning joomla.
Teknik tersebut digunakan untuk membantu agar pencarian kita di mesin pencari Google lebih efektif dan lebih mendapatkan hasil yang relevan. Nah dari cara-cara tersebut mungkin dari teman-teman ada yang mau menambahkan lagi teknik pencarian tersebut? Sebenarnya juga ada cara mudah yaitu menggunakan Google Advanced Search tapi kan sebaiknya kita menjadi lebih tahu juga sedikit trik-trik dari pencarian di Google.

Kesimpulan

Saking disukai semua orang, Google memperoleh Webby Awards tiga kali berturut-turut, terakhir untuk kategori Best Practices. Apa saja praktik Google yang layak ditiru?
Pertama, Google menjadi favoritas massa karena sederhana dan jalan. Sayang sekali, banyak sekali situs yang tidak jalan. Desain minimalis Google perlu diteladani. Dalam menyusun halaman depan, pertimbangkan seberapa banyak informasi yang Anda miliki, dan juga seberapa banyak informasi yang cukup penting dan layak disajikan. Hanya tonjolkan sedikit saja yang penting, lalu sembunyikan, kecilkan, redupkan yang lain. Bantu pemakai mencari informasi di situs Anda, jangan malah membuat mereka bingung dengan menyodorkan semua yang Anda punyai sekaligus.

Kedua, Google tidak terjerumus dalam usaha-usaha komersialisasi yang mengganggu pemakai. Katakanlah banner, atau “lelang keyword” seperti Goto.com, atau pengotoran dengan link-link dari afiliasi, partner, “fitur-fitur” tambahan, dsb. Semuanya hanya memperberat halaman, dan itu dihindari Google.



5 komentar:

  1. thank you atas postingan.y,,ngebantu banget buat tugas guee

    BalasHapus
  2. makasih blognya...
    mana nih Bing-nya?
    ._.

    BalasHapus
  3. maaf bro... ad kesalahan.. sebagian postingnya terpotong ke post yang lain... coba link ini bro..
    http://isfanl.blogspot.com/2010/11/bing-adalah-suatu-search-engine-buatan.html

    BalasHapus
  4. alahai..cubalah tulis bahasa melayu..orang malaysia pun nak cari inform juga.ni tulis bahasa yang tak faham.

    BalasHapus
  5. hahahahhahahahahahahahahahahahahahahahaha

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan atau sanggahan, teman-teman bisa mengisi kotak komentar ini. Mari budayakan berkomentar. Selain baik untuk blog sobat, baik juga untuk kesehatan kita :D