Lompat Jauh

Lompat jauh adalah salah satu peristiwa pancalomba dari Olimpiade asli di Yunani Kuno. Long Langsung adalah peristiwa hanya dikenal melompat dalam Olimpiade Kuno Games. Semua peristiwa yang terjadi di Olimpiade pada awalnya seharusnya bertindak sebagai bentuk pelatihan untuk peperangan.


Lompat jauh muncul mungkin karena mencerminkan melintasi rintangan seperti sungai dan jurang. Setelah menyelidiki penggambaran hidup dari peristiwa kuno diyakini bahwa tidak seperti acara hari modern, atlet hanya diperbolehkan mulai berjalan singkat. Para atlet berbobot di masing-masing tangan, yang disebut halteres (antara 1 dan 4,5 kg).Bobot ini adalah berayun maju sebagai atlet melompat dalam rangka meningkatkan momentum.

Hal ini umumnya percaya bahwa jumper akan melemparkan bobot belakangnya di udara untuk meningkatkan momentum ke depan nya, namun, halteres diadakan sepanjang durasi lompat. Berayun mereka turun dan kembali pada akhir melompat akan mengubah pusat gravitasi atlet dan memungkinkan atlet untuk meregangkan kakinya keluar, meningkatkan jarak. Lompatan itu sendiri dibuat dari bater("apa yang menginjak pada"). Ini kemungkinan besar papan sederhana ditempatkan di jalur stadion yang telah dihapus setelah peristiwa (Miller, 66). Jumper akan mendarat dalam apa yang disebut skamma sebuah ("menggali-up" area) (Miller, 66). Gagasan bahwa ini adalah sebuah lubang penuh pasir adalah salah. Pasir di lubang melompat adalah penemuan modern (Miller, 66).skamma ini hanya area sementara digali untuk itu dan bukan sesuatu kesempatan yang tetap dari waktu ke waktu.

Lompat jauh dianggap salah satu yang paling sulit dari acara yang diadakan di Olimpiade sejak banyak keterampilan yang diperlukan. Musik sering dimainkan selama melompat dan Philostratus mengatakan bahwa pipa pada waktu akan menemani melompat sehingga memberikan ritme untuk pergerakan kompleks halteres oleh atlet. Philostratos dikutip mengatakan, "Aturan menganggap melompat sebagai yang paling sulit dari kompetisi, dan mereka mengijinkan jumper yang akan diberikan keuntungan dalam irama dengan menggunakan suling, dan berat dengan menggunakan halter tersebut. " (Miller, 67).

Paling terkemuka dalam olahraga kuno adalah seorang pria bernama Chionis , yang di Olimpiade 656BC mengadakan lompatan 7,05 meter (23 kaki dan 1,7 inci).

Ada beberapa argumen oleh para sarjana modern selama lompat jauh. Beberapa telah berusaha untuk menciptakan sebagai lompat ganda.Gambar-gambar memberikan bukti hanya untuk tindakan sehingga lebih baik diterima bahwa itu banyak seperti lompat jauh hari ini. Alasan utama beberapa ingin menyebutnya lompatan triple adalah keberadaan sumber yang mengklaim dulu ada lonjakan lima puluh kaki kuno dilakukan oleh seorang pria bernama Phayllos (Miller, 68).

Lompat jauh telah menjadi bagian dari modern Olimpiade kompetisi sejak imulainya Olimpiade pada tahun 1896. Pada tahun 1914, Dr Harry Eaton Stewart merekomendasikan "melompat luas menjalankan" sebagai lagu standar dan acara lapangan bagi perempuan.  Namun, tidak sampai 1928 yang lompat jauh wanita itu ditambahkan ke program atletik Olimpiade .

clip_image002

· Lebar 30cm

· Bak lompatan panjang 9m

· Lebar 2.75m

· Kedalaman bak lompat ± 1 meter

Ukuran Lapangan lompat jauh:

· Jarak awalan lari sampai balok tumpuan 45m

· Balok tumpuan tebal 10cm

· Panjang 1,72m

Peraturan Lompat Jauh:

Pelompat dianggap gagal apabila:
- Menginjak tanah di belakang balok lompat dan kelanjutannya.
- Menyentuh tanah di samping bak lompat.
- Setelah melompat, kembali lewat bak lompat kea rah lawan.
- Dipanggil sudah 2 menit belum melompat.
Pelompat yang gagal 3 kali,dicoret dari daftar perlombaan.

Cara menentukan Juara:

1.Juaranya adalah yang dalam 6 kali melompat mencapai hasil terbaik.
2.Jika ada 2 hasil terbaik yang sama,maka dicarilah hasil di bawah terbaik (hasil kedua).
3.Jika masih sama, dicarilah hasil ketiga, keempat, kelima, dan keenam.
4.Jika keenam hasil itu sama, maka penyelesaiannya:
a)Kalau keduanya nomor 1, keduanya harus diadu lomba lagi sampai ada yang menang.
b)Kalau keduanya nomor 2, mereka menjadi nomor 2 semua.
c)Kalau keduanya nomor 3, nomor 3 ada 2 orang.

Teknik lompat jauh

Ancang-ancang
Tujuan ancang-ancang adalah untuk mendapatkan kecepatan yang setinggi-tingginya agar dorongan massa ke depan lebih besar. Jarak ancang-ancang tergantung kematangan dan kemampuan berekselerasi atas kecepatanya, dan untuk meningkatkan kemampuan kecepatan ancang-ancang diperlukan program latihan yang baik, dan juga ketepatan menumpu. Sebagai pelatihan pemberian jarak ancang-ancang yang pendek dengan dimulai dari 5 langkah, 7 langkah, 9 langkah dan seterusnya sambil memperhatikan kaki saat menumpu.

Menumpu
Merupakan suatu gerakan yang penting untuk menentukan hasil lompatan yang sempurrna.
Badan sewaktu menumpu jangan terlalu condong seperti halnya melakukan lari/ ancang-ancang. Tumpuan harus kuat, cepat dan aktif keseimbangan badan dijaga agar tidak oleng/ goyang. Berat badan sedikit di depan titik tumpu, gerakan kaki menelapak dari tumit ke ujung kaki, dengan tempo yang cepat. Gerakan ayunan lengan sangat membantu menambah ketinggian dan juga menjaga keseimbangan badan.

Melayang
Gerakan melayang pada saat setelah meninggalkan balok tumpuan dan diupayakan keseimbangan tetap terjaga dengan bantuan ayunan kedua tangan sehingga bergerak di udara. Untuk melakukan gerak ini terdapat beberapa teknik. Yang Pertama, Melayang dengan sikap jongkok dengan cara waktu menumpu kaki ayun mengangkat lutut setinggi-tingginya dan disusul oleh kaki tumpu dan kemudian sebelum mendarat kedua kaki di bawa ke arah depan. Yang Kedua, Melayang dengan sikap bergantung cara melakukanya yaitu waktu menumpu kaki ayun dibiarkan tergantung lurus, badan tegak kemudian disusul oleh kaki tumpu dengan sikap lutut ditekuk sambil pinggul didorong ke depan yang kemudian ke-dua lengan direntangkan ke atas. Keseimbangan badan perlu diperhatikan agar tetap tepelihara hingga mendarat.

Mendarat
Gerakan-gerakan waktu pendaratan harus dua kaki. Yang perlu diperhatikan saat mendarat adalah kedua kaki mendarat secara bersamaan diikuti dengan dorongan pinggul ke depan sehingga badan tidak cenderung jatuh ke belakang yang berakibat merugikan si pelompat itu sendiri.

Gaya lompatan dalam Lompat Jauh yang sering diperagakan seperti gaya jongkok, Gaya Menggantung, Gaya jalan di udara.

1 komentar:

  1. http://www.jeparadisemebeland.com salam kenal gan mkch infonya..

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan atau sanggahan, teman-teman bisa mengisi kotak komentar ini. Mari budayakan berkomentar. Selain baik untuk blog sobat, baik juga untuk kesehatan kita :D