Perbedaan Dan Persamaan Peradaban Kuno Besar Di Dunia

Persamaan

Pokok-pokok persamaan pusat-pusat kebudayaan kuno yang terdapat di Asia dan Afrika itu antara lain sebagai berikut.
 Pusat-pusat kebudayaan tertua itu berada di daerah-daerah lembah sungai besar dan subur, sehingga merupakan kebudayaan agraris dengan penduduk yang cukup padat.
 Telah muncul bentuk-bentuk kerajaan yang diperintah oleh seorang Raja dengan kekuasaan yang besar, sekaligus merupakan penguasa atas seluruh tanah negeri itu. Bentuk-bentuk pertuanan tanah (feodalisme) mulai berkembang.
 Organisasi pemerintahan dengan kekuasaan seorang Raja yang besar dan mampu mengerahkan tenaga rakyat untuk mendirikan bangunan-bangunan yang serba megah (monumental) untuk pemujaan dan kemegahan nama raja.
 Kerajaan-kerajaan yang ada semuanya mentembah dewa, meskipun dari masing-masing menyebut dewa mereka dengan nama yang berbeda-beda, namun pad intinya mereka semua menyembah dewa yang mereka anggap sebagai dewa matahari.
 Dalam proses penyembahan, dilakukan persembahan sesuai dengan keperceyaan mereka, adayang mempersembahkan manusia (gadia cantik), makanan, dsb.

Perbedaan

Pokok-pokok perbedaan pusat-pusat peradaban kuno yang terdapat di Asia-Afrika antara lain sebagai berikut.

 Letak geografis dan keadaan alam.
 Ras atau suku bangsa.
 Bentuk-bentuk kebudayaan.
 Perkembangan sejarahnya.
 Cara pemujaan yang berbeda-beda, dan dengan persembahan yang berbeda-beda

Persamaan dan Perbedaan Peradaban Yunani, Romawi, Inka, Maya, dan Aztek

Persamaan

Dalam perkembangan sejarah dunia, sejarah Yunani dan Romawisudah tidak asing lagi bagi masyarakat dunia. Yunani dan Romawi dianggap banyak mewariskan seni budaya dan ilmu pengetahuan kepada masyarakat di seluruh dunia. Tokoh-tokoh ilmu pengetahuan dari Yunani dengan hasil karyanya yang memiliki mutu tinggi bahkan sampai sekarang masih relevan dengan perkembangan dunia ilmu pengetahuan. Juga Romawi yang mewarisi banyak pengetahuan seni, budaya, hokum, dan sebagainya dijadikan dasar pengembangan masyarakat Eropa di masa selanjutnya.

Tetapi, masyarakat dunia tidak pernah menyangka bahwa peninggalan-peninggalan dari bangsa Inka, Maya, dan Aztek juga memiliki tingkat peradaban yang sudah tinggi. Bahkan seorang penulis dari bangsa Spanyol yang ikut dalam penjajahan dunia mengatakan, kerajaan-kerajaan bangsa Indian, yaitu Inka, Maya, dan Aztek pada puncak kejayaannya setingkat dengan kerajaan-kerajaan Romawi pada masa Kaisar Octavianus Augustus.

Beberapa persamaan yang dimiliki oleh bangsa tersebut antara lain :

1. Bidang kepercayaan

 Memuja banyak dewa (bersifat politheisme)
 Mengenal adanya dewa tertinggi yang dipuja oleh masyarakat.
 Mengenal adanya tempat-tempat pemujaan, yaitu suatu tempat yang disucikan atau dikeramatkan oleh masyarakat.

2. Bidang pemerintahan

 Mengenal bentuk kerajaan yang diperintah oleh seorang raja.
 Pernah ditaklukkan dan diduduki oleh bangsa asing.
 Pernah mempunyai pemerintahan teratur dan bahkan mencapai masa kejayaannya.

3. Bidang seni bangunan

 Adanya bangunan-bangunan untuk pemujaan para dewa.
 Mempunyai bangunan istana yang sangat indah dan megah sebagai tempat tinggal para raja.
 Telah dapat membuat patung-patung yang indah dan mengagumkan.

Perbedaan

Perbedaan-perbedaan bangsa Yunani, Romawi, Inka, Maya, dan Aztek tidak begitu jelas dapat diketahui bagaimana bentuk-bentuknya. Namun para ahli sering mengemukakan bahwa perbedaan yang mencolok di antara bangsa-bangsa tersebut terletak pada peninggalan-peninggalan tertulis. Bangsa Yunani dan Romawi banyak meninggalkan karya-karya sastra kepada kita, sedangkan bangsa Inka, Maya, dan Aztek tidak meninggalkan satu pun karya sastra dan ilmu pengetahuan kepada kita. Di samping itu tidak ditemukan peninggalan-peninggalan tertulis yang menggambarkan tentang sistem dan bentuk pemerintahan dari raja-raja yang pernah berkuasa di kerajaan Inka, Maya, dan Aztek. Dan para ahli biasanya menggambarkan keadaan masyarakat bangsa-bangsa itu melalui penafsiran pada peninggalan-peninggalan dari bangsa tersebut.
Secara jelas dapat dikemukakan beberapa perbedaan, diantaranya:

 Dalam pelaksanaan upacara, pada bangsa Indian terutama suku bangsa Aztek dilakukan dengan kurban manusia, sedangkan pada bangsa lainnya tidak.
 Dalam pemerintahan, bangsa Yunani dan Romawi bersifat lebih demokratis, sedangkan pada bangsa-bangsa Inka, Maya, dan Aztek bersifat absulot.
 Seni patung, pada bangsa Yunani dan Romawi sangat indah dan halus buatannya dari pada bangsa-bangsa Inka, Maya, dan Aztek.
 Dalam perekonomian, bangsa Yunani dan Romawi mengenal sistem perdagangan dan pelayaran, sedang bangsa Indian masih memakai system barter.

3 komentar:

  1. thanks bnget gan

    BalasHapus
  2. apa penyebab perkembanagn peradaban dan kebudayaan di asia-afrika memiliki pokok-pokok persamaan

    BalasHapus
  3. Jika memang benar bahwa perkembangan peradapan dan kebudayaan asia - afrika ada kesamaan apa mungkin kira kira orang jaman dulu memiliki pemikiran yang serupa ? padahal biasanya faktor geografi dan demografi sebuah wilayah akan mempengaruhi pola hidup dan pola berfikir sebuah suku / bangsa.

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan atau sanggahan, teman-teman bisa mengisi kotak komentar ini. Mari budayakan berkomentar. Selain baik untuk blog sobat, baik juga untuk kesehatan kita :D