(Cerpen) Kebersamaan

Pada hari sabtu kami anak pramuka yang ber jumlah 30 orang ingin pergi ke acara pramuka yang di adakan oleh pemerintah kota kami

“ Feby…Feby bangun kita udah telat nih nanti kita di marahin lagi ma kak Fadil “, kata ikhal
“ Emangya sudah jam berapa si aku masih ngantuk nih ???”
“ Sudah jam 7 nih kan janjinya sebelum jam 8 ayolah bangun…bangun lo tidak aku tinggalin nih “ kata Ikhal
“ E..ee…e tunggu…tunggu iya aku mandi dulu tungguin yah awas kalau aku di tinggalin
“ Iya…iya tapi cepat “

Kami pun bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah karena di sanalah tempat kami kumpul sesama anggota pramuka . sesampainya di sana kami udah telat mobil penjemput kami sudah datang dan anak-anak yang lain juga sudah datang

“ Semuanya naik ke mobil kecuali ikhal , Bayu , dan Rino kalian bertiga naik motor saja agar di dalam mobil tidak sempit kalian bertigakan punya motor “ kata kak Fadil.

Kami semua pun berangkat dengan hati yang senang .setelah 30 meit kami tiba di tempat tujuan dan setibanya di sana kami lagsung turun dan menurunkan barang-barang dari mobil dan membawahnya ke dalam tempat yang sudah di sediakan untuk membangun tenda. Kami semua berjalan masuk ke dalam area yang sudah di tetapkan

“ Lina capek juga yah..”kata ikhal
“ iya nih ikhal tulang terasa mau remuk dan patah “

Lama ikhal dan Lina berbincang-bincang tiba-tiba pemimpin ikhal datang






“ Hey kalian berndua lagi bikin apa di situ enak-enakan ngobrol sana bantuin teman kalian bangun tenda “ kata kak Fadil
“ iya kak …”

Setelah tenda berdiri dengan baik kami pun memasukkan barang-barang kami ke dalam tenda agar barang-barang kami semua tidak ada yang hilang dan setela kami beres-beres kami pun bersiap untuk pergi shola Dzuhur
Ternyata tempat sholatnya begitu bagus dengan kolam ikan yang bersih dan luas dan angin yang bertiup sepoi-sepoi membuat kami ingin tinggal berlama-lama di tempat itu.
Setelah sholat kami kembali ke tenda untuk makan siang, makanan kami pun seadanya saja Cuma nasi dan telur goreng tetapi kami harus besyukur karna kami sudah dapat makan dan mengisi perut . setelah kami makan kami semua keluar ke pinggir kolam untuk bernyanyi bersama sekaligus untuk latihan karan selepas sholat isya akan ada lompa pentas seni antar sekolah

“ Lina ke kolam yuk sama teman-teman kumpul bersama sekalian latihan “ kata ikhal
“ kamu duluan aja nanti aku menyusul aku masih ada kerjaan nih “ kata lina

Di pinggir kolam kami bernyanyi bersama dengan diiringi 2 gitar dan 2 kentongan sebagai gendanganya 2 gitar di mainkan oleh bayu dan kak Fadil serta gendangnya di mainkan oleh Feby.

“ Perhatia….perhatian di harapkan bagi seluruh peserta lomba pentas seni di harapkan mendaftarakan grupnya “ kata panitia lewat michrofon

Ikhal dan bayu langsung berlari ke kantor panitia untuk mendaftarkan grupnya dan kami mendapat no urut 4 dan ada 12 group lain yang ikut ambila bagian dalam acara tersebut .


Allahu Akbar…..
Allahu Akbar……

“Ah…. Sudah adzan ayo cepat sholat dulu “!!! Kata kak Fadil

Kami semua langsung bergegas ke masjid untuk sholat ashar agar tidak ketinggalan

“ Hai Lin cepat banget ada di masjidnya ???” kata Ikhal
“ ngga tadi sehabis kerja aku langsung ke sini untuk mengaji dan maaf aku tadi tidak ke kolam “ kata Lina
“ Tidak apa-apa kok , kamu rajin banget “
“ Ah.. udah biasa lagi sana cepat ambil air wudhu lalu sholat nanti ketinggalan loh..”
“ iya aku ambil air wudhu dulu yah”

Setelah sholat kami semua kembali ke tenda untuk istirahat . kami pun tidur bersama .

“ Bangun….Bangun kalian semua cepat pakai seragam kalian terus keluar membersihkan , akan ada lomba tenda terbersih “ kata kak Fadil dengan suara keras .
“ siap kak “

Kami semua keluar dengan pakaian yang belum rapi dan membersihkan sekeliling tenda

“ Ikhal buang sampah itu “ kata kak Fadil
“ iya kak “

Ikhal pun pergi membuang sampah dan di sana Ikhal ketemu dengan Lina

“ Eh…. Lina ketemu lagi “
“ Eh…. Ikhal buang sampah juga ????”
“ Ngga aku lagi buang senyum , yaiyalah buang sampah kan Lina lihat sendiri aku bawa apa
“ Ah… Ikhal bisa saja bercandanya ngga lucu tau khal “

Setelah membersihkan kami semua pergi ke wc umum untuk membersihkan diri dan hari juga menjelang malam kami juga harus bersiap sholat maghrib dan setelah sholat kami semua ke tenda untuk makan malam dan istirahat setelah itu kami semua anggota pramuka melakukan sholat isya dan setelah sholat kami pergi ke lapangan tempat di adakanya pentas seni , kami semua denga rasa kebersamaan yang tinggi dan kami layaknya para anggota militer yang siap bertempur demi membela negara kami.karna kami tahu bahwa rasa kebersamaan itu adalah rasa yang tidak dapat di saingi dan sesampainya di sana kami mengambil tempat di tengah

“ Lina kamu kenapa kedinginan yah… ini pakai aja jaket aku “ kata Ikhal
“ Ngga usah kamu nanti pakai apa nanti kamu juga kedinginan “
“ Ngga apa-apa pakai saja kamu lebih membutuhkanya dari pada aku “
“ terimah kasih yah Ikhal , dan aku mau bertanya kenapa kamu baik dan perhatian sama aku ???”
“ Emangya tidak boleh yah n kitakan anak pramuka dan pramuka itu harus saling membantu karna pramuka memiliki rasa kebersamaan “ jelas Ikhal

Acara malam itupu selesai dan kami tidak dapat juara tetapi kami tidak berkecil hati dan tidak akan putus asa .
Keesokan harinya kami semua bangun pagi-pagi dan ikut upacara pembukaan untuk menanam 10.000 pohon dalam rangka penghijauan


“ Niuw…niuw..niuw…” suara mobil polisi
“ wah semuanya siap Pak Bupati sudah datang , Ikhal,Lina,dan Bayu kamu ambil posisi di dekat pagar “ kata kak Fadil
“ Ikhal tolong bantu aku angkat ini tanaman berat sekali “ kata lina
“ sini biar aku saja kamu kesana aja duluan “
“ makasih yah dan tidak apa-apa kalau aku tinggal
“ iya cepat kesana panas nanti kamu sakit lagi “
“ kamu baik banget deh aku jadi suka ma kamu dan jujur aku baru punya teman sebaik kamu “ kata Lina
“ ah… biasa aja deh kepalaku udah mau pecah ni gara-gara kamu puji aku terus “

Setelah di tunggu berapa lama akhirnya penanaman di mulai juga


“ 1…2….3….tanam “ kata Pak Bupati lewat MIC
“ aku selesai , Lina biar aku bantu yah…” kata Ikhal
“ iya makasih yah Ikhal aku sudah merepotkan kamu “ kata Lina

Acara pun selesai dan Ikhal dan Lina jalan bersama untuk kembali ke tenda untuk istirahat.

“ Semua barang-barang kalian bereskan karna kita sudah mau pulang dan jangan lupa tenda di bersihkan “ kata kak Fadil

Setelah barang-barang kami semua beres kami semua menuju pintu gerbag untuk pulang kcuali Ikhal ,Bayu,dan Rino mereka bertiga pergi ke parkiran mengambil motor mereka .

“ Lina kamu ikut sama bayu saja karena mobil sempit banget” kata kak Fadil
“ Tidak usah kak aku sama Ikhal saja “ kataLina
“ baiklah , Ikhal kamu pulang sam Lina yah “ kata kak Fadil
“ iya kak “ kata lina


Kami semua pulang dengan rasa senang dan pulang dengan banyak pengalaman dari kegiatan yang kami ikuti dan kami tahu kalau hal penting di dalam pramuka itu adalah KEBERSAMAAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan atau sanggahan, teman-teman bisa mengisi kotak komentar ini. Mari budayakan berkomentar. Selain baik untuk blog sobat, baik juga untuk kesehatan kita :D